Minggu, 10 Februari 2013

PROSESOR MANAKAH YANG LEBIH BAIK, INTEL ATAU AMD ?


Banyak yang bertanya, prosesor manakah yang lebih baik ? Jenis prosesor yang dikenal antara lain Intel dan AMD. Kedua prosesor ini saling bersaing untuk mendapatkan ‘hati’ para pengguna laptop khususnya. Sedikit penjelasan tentang Intel dan AMD.

INTEL

·         LGA 775 : Mobo dengan soket ini hanya untuk dipasangkan prosesor Intel Celeron 347-Celeron 3200 Pentium  4 521, dan Core 2 series. Prosesor yang terbaru Core i5, dan i7 tidak bisa dipasang dim obo soket ini. Mobo soket ini memiliki paling banyak varian Chipset (945 – X48) dan tersedia dalam dua jenis RAM (tergantung vendor): DDR2 dan DDR3 dengan konfigurasi Dual Channel.
·          LGA 1156 : Mobo dengan soket ini hanya bisa dipasangkan dengan prosesor Intel Core i5 7xx dan Core i7 8xx. Prosesor Core 2 series dan Core i7 9xx tidak bisa dipasangkan di mobo soket ini. Mobo soket ini berchipset P55 (untuk saat ini) yang membutuhkan RAM DDR3 Low-Voltage Dual Channel. Menurut review yang ada, DDR3 yang digunakan harus bertipe Low-Voltage dan berbeda dengan DDR3 biasa. 
·          LGA 1366 : Mobo dengan soket ini hanya bisa dipasangkan dengan prosesor Intel Core 9xx. Prosesor Core 2 series, Core i5, dan Core i7 8xx tidak bisa dipasangkan pada mobo soket ini.

KELEBIHAN :

ü  Hanya sedikit memakan memori
ü  Semua aplikasi berjalan cepat

KEKURANGAN :

ü  Harganya cukup mahal
ü  Cepat panas

AMD

  • Soket AM2+ : Bisa dipasangkan dengan prosesor AM2 + DAN AM3. Soket ini hanya support RAM DDR2 Dual Channel.
  • Soket AM3 : Hanya bisa dipasangkan dengan prosesor AM3 saja. Soket ini sudah support penggunaan RAM DDR3 DuaL Channel.


                KELEBIHAN :

ü  Kecepatannya stabil
ü  Tidak cepat panas
ü  Lebih murah dibandingkan AMD

KEKURANGAN :

ü  Memakan memori lebih banyak, tetapi apabila diimbangi dengan RAM yang sesuai ya tidak apa-apa
ü  Agak lambat dibandingkan Intel. Intel memang cepat tetapi cepat panas


SUMBER :


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar