COCOMO (Constructive Cost Model) merupakan
sebuah kombinasi dari estimasi parameter persamaan dan metode pembobotan. Satu
hasil observasi yang paling penting dalam model ini adalah bahwa motivasu dari
tiap orang yang terlibat ditempatkan sebagai titik berat. Hal ini menunjukkan
bahwa kepemimpinan dan kerja sama tim merupakan sesuatu yang penting, namun
demikian poin pada bagian ini sering diabaikan. COCOMO adalah model terbuka,
sehingga semua detail dipublikasikan, termasuk : Dasar persamaan perkiraan
biaya, setiap asumsu yang dibuat dalam model, setiap definisi serta biaya yang
disertakan dalam perkiraan dinyatakan secara eksplisit.
JENIS - JENIS COCOMO :
1. Basic (COCOMO I 1981)
Menghitung dari estimasi jumlah LOC (Lines of Code).
Pengenalan Cocomo ini diawali tahun 70-an akhir. Sang pelopor Boehm, melakukan
riset dengan mengambil kasus dari 63 proyek perangkat lunak untuk membuat model
matematisnya. Model dasar dari model ini adalah sebuah persamaan sebagai
barikut :
effort = C * size^M
effort = C * size^M
Ket:
effort :
adalah usaha yang dibutuhkan selama proyek, diukur dalam person-months;
c dan M : adalah konstanta-konstanta yang dihasilkan dalam riset
Boehm dan tergantung pada penggolongan besarnya proyek perangkat lunak;
size :
adalah estimasi jumlah baris kode yang dibutuhkan untuk implementasi, dalam
satuan KLOC (kilo lines of code)
Ukuran program dinyatakan dalam KLOC. Model Cocomo
dapat diaplikasikan dalam tiga tingakatan kelas yaitu :
- Proyek
Organic (Organic Mode) adalah proyek dengan ukuran relatif kecil, dengan
anggota team yang sudah berpengalaman dan mampu bekerja pada permintaan
yang relatif fleksibel.
- Proyek
Sedang (Semi-Detached Mode) merupakan proyek yang memiliki ukuran dan
tingkat kerumitan yang sedang, dan tiap anggota tim memiliki tingkat
keahlian yang berbeda.
- Proyek
Terintegrasi (Embedded Mode), Proyek yang dibangun denga spesifikasi dan
operasi yang ketat.
2. COCOMO Menengah (Intermediet COCOMO)
Intermediate COCOMO menghitung
usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi ukuran program dan sekumpulan
“cost drivers” yang mencakup penilaian subjektif produk, perangkat keras,
personil dan atribut proyek. Ekstensi ini mempertimbangkan satu set empat “cost
drivers”, masing-masing dengan sejumlah atribut anak:
- Atribut
produk (product attributes)
- Perangkat
lunak yang disyaratkan reliabilitas (RELY)
- Ukuran
database aplikasi (DATA)
- Kompleksitas
produk (CPLX)
- Hardware
atribut (computer attibutes)
- Run-time
kinerja kendala (TIME)
- Memori
kendala (STOR)
- Volatilitas
lingkungan mesin virtual (VIRT)
- Diperlukan
waktu pembalikan haluan (TURN)
- Personil
atribut (personnel attributes)
- Analis
kemampuan (ACAP)
- Kemampuan
rekayasa perangkat lunak (PCAP)
- Aplikasi
pengalaman (AEXP)
- Mesin
virtual pengalaman (VEXP)
- Bahasa
pemrograman pengalaman (LEXP)
- Proyek
atribut
- Penggunaan
perangkat lunak (MODP)
- Penerapan
metode rekayasa perangkat lunak (TOOL)
- Diperlukan
jadwal pengembangan (SCED)
3. COCOMO Detil (Detailed COCOMO)
Detil COCOMO menggabungkan semua karakteristik versi
intermediate dengan penilaian dampak cost driver di setiap langkah (analisis,
desain, dll) dari proses rekayasa perangkat lunak 1. model rinci kegunaan yang
berbeda upaya pengali untuk setiap driver biaya atribut tersebut Sensitif
pengganda Tahap upaya masing-masing untuk menentukan jumlah usaha
yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tahap.
Pada COCOMO detail, upaya dihitung sebagai fungsi dari
ukuran program dan satu set driver biaya yang diberikan sesuai dengan tiap
tahap siklus hidup rekayasa perangkat lunak. Fase yang digunakan dalam COCOMO
detail, perencanaan kebutuhan dan perancangan perangkat lunak, perancangan
detil, kode dan menguji unit, dan pengujian integrasi
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar