Rabu, 03 Oktober 2012

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


HUBUNGAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER TERHADAP FILM WALL-E



Pada era globalisasi saat ini, kehidupan manusia semakin maju khususnya di bidang teknologi. Banyak sekali bermunculan teknologi-teknologi terbaru yang diciptakan oleh para pencinta ilmu teknologi. Diantara teknologi-teknologi yang berkembang saat ini ialah kemajuan computer. Komputer mengalami perkembangan generasi, mulai dari generasi kesatu hingga ke empat dan sampai saat ini.

Peranan computer dan teknologi yang berkembang saat ini  dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Sebab dengan adanya computer banyak sekali hal-hal yang memudahkan kita untuk salah satunya menciptakan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi pada user yang membutuhkan. Diantaranya ialah membuat aplikasi animasi untuk menciptakan berbagai karakter di sebuah film. Kini banyak sekali film-film yang telah menggunakan aplikasi animasi yang hasilnya sangat bagus. Salah satu dari sekian banyak film animasi yang ada ialah film “ Wall-E “ .

Di dalam film Wall-E, kita dapat melihat bagaimana manusia dan computer dapat berinteraksi. Di dalam fil tersebut diceritkan tentang bumi yang sudah ditinggalkan oleh manusia untuk waktu yang cukup lama yaitu 700 tahun yang lalu karena sudag banyak sekali sampah-sampah yang bertebarab dan juga udara yang telah terkontaminasi dengan polusi. Melihat hal itu, ditugaskanlah sebuah robot yang sejak 700 tahun lamanya membersihkan sampah-sampah di bumi tersebut. Namun, dengan banyak yang sampah yang ada hanya tinggal sebuat robot yang masih bertahan hidup, yaitu Wall-E. Setiap harinya ia mengumpulkan sampah-sampah dan dijadikannya seperti gedung-gedung yang menjulang tinggi. Di sana ia hanya bertemankan seekor kecoak yang setia mengikuti kemanapun ia pergi.

Hingga suatu hari datanglah sebuah robot yang lebih modern bernama Eva ke bumi untuk melaksanakan tugas rahasia yang ternyata menemukan bibit pohon. Kehebohan mulai terjadi ketika Wall-E mulai jatuh cinta kepada Eva. Disaat Eva tak sadarkan diri ia dengan setia menemani dan merawat Eva dengan sangat baik hingga sampai pada akhirnya datanglah sebuah roket yang mengambil kembali Eva ke luar angkasa dengan keadaan masih tidak sadarkan diri. Wall-E pun merasa tidak rela kehilangan sahabat barunya tersebut, maka ikutlah ia bersama roket itu. Ternyata roket itu menuju ke pesawat raksasa bernama Axiom. Pesawat Axiom ialah sebuat pesawat yang dihuni oleh manusia selama 700 tahun sementara robot-robot di bumi mengurus dan membersihkan sampah yang tidak bias ditanggulangi lagi, juga karena lingkungan bumi sudah tidak layak huni.

Sesampainya di sana Wall-E menemukan manusia yang berubah menjadi gemuk karena segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dikendalikan oleh komputer. Manusia di sana hanya tinggal duduk manis saja. Apapun yang mereka inginkan sudah tersedia secara instan oleh computer. Sampai pada akhirnya Wall-E dapat kembali ke permukaan bumi bersama Eva dengan berbagai usaha keras.

Dalam film tersebut teknologi sangatberperan sekali dalam mengendalikan segala aktivitas kehidupan. Namun, dapat juga dilihat dari fil tersebut dampak negative yang ditimbulkan dengan adanya computer yaitu manusia jadi malas bekerja, maunya hanya instan saja. Manusia di dalam film tersebut hanya mengandalkan teknologi yang tesedia di sana.

Maka, dari film Wall-E ini kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita tidak luput dari teknologi. Segala sesuatunya membutuhkan teknologi, dalam hal ini ialah computer. Dengan adanya computer manusia dapat melakukan banyak hal dan banyak yang dapat diciptakan melalui computer. Banyak dampak positif yang dihasilkan dari perkembangan teknologi saat ini, yaitu pekerjaan yang dikerjakan menjadi cepat rampung, lebih efisien dalam arti waktu maupun efisien waktu dan efisien tenaga dan masih banyak lagi yang lainnya. Di samping itu pula ada dampak negative dari adanya kemajuan teknologi, yaitu manusia menjadi malas dan manusia juga jadi ketergantungan terhadap segala sesuatu yang instan. Maka manfaatkanlah kemajuan teknologi yang ada saat ini dengan sebaik-baiknya. Sekian J





0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar