Rabu, 21 November 2012

CARA MENJADI MANUSIA YANG BERKARAKTER (BI SS 2012)


CARA MENJADI MANUSIA YANG BERKARAKTER

Knowledge is power, but character is more. Begitulah arti penting dari karakter atau watak. Ia lebih berharga dari ilmu pengetahuan karena tanpa adanya karakter ilmu pengetahuanpun tidak akan mendatangkan kebaikan untuk umat manusia malah kehancuran yang akan muncul dan kekacauan yang hanya akan terjadi.

Dalam bahasa Indonesia karakter disebut juga dengan watak yaitu system daya juang yang menggunakan nilai-nilai moral yang terpatri dalam diri individu yang melandasi pemikiran, sikap dan perilaku. Watak adalah suatu konsep etis yang dalam penggambarannya sering dipakai kata “baik” atau “buruk” dan menunjukkan arti normative yaitu mengisyaratkan norma tingkah laku tertentu yang menjadi dasar individu atau perbuatannya dinilai oleh orang lain.

Contoh karakter baik :
Komitmen, konsisten, kreatif, kompeten, keadilan, kejujuran, kesungguhan, kesopanan, kepedulian, kerja sama, keikhlasan, keberanian, dan lain sebagainya.

Contoh karakter buruk :
Korupsi, malas, sombong, dusta, ria, keji, khianat, merampok, curang, tidak sopan, mencuri, mengadu domba, fitnah, dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan individu, karakter mempunyai peran yang sangat penting. Seseorang mempunyai karakter baik dan kuat akan memiliki hidaup yang berkualitas. Boleh saja dia tidak mempunyai apapun untuk dibanggakan, tetapi jika dia menempatkan karakter sebagai modalnya, hidupnya akan bersinar, lebih dari yang lain.

Karena letaknya “didalam”, karakter seseorang akan sangat mudah kita lihat ketika dia berada dibawah tekanan, masalah, ujian, tantangan, dan cobaan. Untuk menilai karakter seseorang juga tidak bisa langsung menebaknya sembarangan. Kita harus bergaul dan bersama dengan dia dalam jangka waktu yang panjang dan berkala. Dengan begitu, kita akan tahu bagaimana ekspresi-ekspresi tersembunyi dia.

Seseorang yang tidak berkarakter pasti hidupnya akan kacau balau. Ia tidak akan mampu mengelola dirinya dengan baik. Ia akan dengan sangat mudah down jika suatu cobaan datang. Sebaliknya, dengan karakter kita akan menemukan banyak hal seperti sebuah kulitas kehidupan, nilai-nilai untuk hidup benar, benih-benih kesuksesan, sikap mental yang terlatih pada saat ujian datang, kekuatan dari dalam untuk bertahan dan menang, Arti dan makna sebuah proses kegagalan dan kesuksesan, kebenaran yang hakiki dan nurani, filosofi prinsip kebenaran jiwa dan pertumbuhan sikap mental menjadi kuat.

Berikut ini ialah cara untuk membangun menjadi manusia yang berkarakter :

1.     Sadari dalam diri kita bahwa karakter positif akan membangun diri kita dari dalam dan ini begitu penting sekali, sedangkan karakter negative akan merusaknya.
2.    Menahan diri dari tidak reaktif jika menghadapi hal yang kurang menyenangkan, berfikir tenang dan sabar.
3.    Ambil makna positif disetiap peristiwa yang kita alami.
4.    Belajar menerima kenyataan yang tidak menyenangkan sebagai fakta yang selalu terjadi.
5.    Mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, aktifitas dan kegiatan sehari-hari harus dimulai dengan doa dan ditutp dengan doa pula.
6.    Hindari kebiasaan memojokkan dan menilai orang lain dari kekurangannya, sekalipun kita sedang bercanda atau bermain.
7.    Banyaklah bergaul dengan orang-orang yang memiliki karakter positif agar kitapun cenderung berfikiran positif dan optimis.

Begitu berguna dan bermanfaat jika kita bisa membangun karakter positif dalam kehidupan, diantaranya ialah :

1.     Jiwa akan selalu merasa damai, tidak terbebani dengan kesedihan, frustasi, kebencian, kemarahan dan rendah diri.
2.    Kita dapat mencari alternative jalan keluar yang terbaik atas peristiwa yang sedang dialami.
3.    Kita tidak mudah menyalahkan orang lain sebagai biang permasalahan.
4.    Hubungan interpersonal tidak terganggu karena kita cenderung menghindari sikap bermusuhan dengan pihak lain.
5.    Kita jadi lebih terbuka terhadap semua peristiwa, baik yang menyenangkan maupun tidak.

Sumber :

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar