Menurut Turban (2003, p.463), System Development Life Cycle
(SDLC) atau Siklus Hidup Pengembangan Sistem adalah metode pengembangan sistem
tradisional yang digunakan sebagian besar organisasi saat ini. SDLC adalah
kerangka kerja (framework) yang terstruktur yang berisi proses-proses
sekuensial di mana sistem informasi dikembangkan.
SDLC terdiri dari
lima fase yang masing-masing fase terdiri dari aktifitas-aktifitas yang saling
berhubungan satu dengan lainnya. Tiga aktifitas utama dalam SDLC yaitu analisa,
desain dan implementasi, sedangkan sisanya adalah fase tambahan seperti
perencanaan proyek dan support atau dukungan. Berikut merupakan rincian tugas
dari lima fase tersebut :
a. Fase Perencanaan
Pada fase perencanaan ini terdiri dari mendefinisikan
masalah, mengkonfirmasikan kelayakan proyek, membuat jadwal proyek, menentukan
staff yang terlibat dalam proyek dan memulai proses pengembangan proyek.
b. Fase Analisa
Pada fase analisa ini terdiri dari mengumpulkan
informasi, mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan sistem, membangun prototipe yang
sesuai atau memenuhi kebutuhan sistem, menentukan prioritas kebutuhan sistem,
membuat prototipe atas prioritas dan melakukan evaluasi terhadap alternatif
yang dipilih dan mereview rekomendasi terhadap pihak manajemen.
c. Fase Desain
Pada fase desain ini terdiri dari dua desain level, yang
pertama Desain Level Tinggi (Arsitektur Sistem) yang terdiri dari desain dan
integrasi jaringan an desain arsitektur aplikasi. Yang kedua Desain Level
Rendah yang terdiri dari desain user interface, desain sistem interface, desain
dan integrasi database, prototype desain secara lengkap dan desain dan
integrasi pengawasan sistem.
d. Fase Implementasi
Pada fase implementasi ini terdiri dari membangun
komponen-komponen perangkat lunak, membangun verifikasi dan pengujian,
mengkonversi data, melakukan training user dan mendokumentasikan sistem dan
menginstall sistem.
e. Fase Support / Dukungan
Pada fase support / dukungan ini terdiri dari memelihara
sistem, memperbaiki sistem dan mendukung pengguna dengan layanan Help Desk.
0 komentar:
Posting Komentar