Selasa, 16 Juli 2013

SDLC (System Development Life Cycle)


            Menurut Turban (2003, p.463), System Development Life Cycle (SDLC) atau Siklus Hidup Pengembangan Sistem adalah metode pengembangan sistem tradisional yang digunakan sebagian besar organisasi saat ini. SDLC adalah kerangka kerja (framework) yang terstruktur yang berisi proses-proses sekuensial di mana sistem informasi dikembangkan.
            SDLC terdiri dari lima fase yang masing-masing fase terdiri dari aktifitas-aktifitas yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Tiga aktifitas utama dalam SDLC yaitu analisa, desain dan implementasi, sedangkan sisanya adalah fase tambahan seperti perencanaan proyek dan support atau dukungan. Berikut merupakan rincian tugas dari lima fase tersebut :
a. Fase Perencanaan
Pada fase perencanaan ini terdiri dari mendefinisikan masalah, mengkonfirmasikan kelayakan proyek, membuat jadwal proyek, menentukan staff yang terlibat dalam proyek dan memulai proses pengembangan proyek.
b. Fase Analisa
Pada fase analisa ini terdiri dari mengumpulkan informasi, mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan sistem, membangun prototipe yang sesuai atau memenuhi kebutuhan sistem, menentukan prioritas kebutuhan sistem, membuat prototipe atas prioritas dan melakukan evaluasi terhadap alternatif yang dipilih dan mereview rekomendasi terhadap pihak manajemen.
c. Fase Desain
Pada fase desain ini terdiri dari dua desain level, yang pertama Desain Level Tinggi (Arsitektur Sistem) yang terdiri dari desain dan integrasi jaringan an desain arsitektur aplikasi. Yang kedua Desain Level Rendah yang terdiri dari desain user interface, desain sistem interface, desain dan integrasi database, prototype desain secara lengkap dan desain dan integrasi pengawasan sistem.
d. Fase Implementasi
Pada fase implementasi ini terdiri dari membangun komponen-komponen perangkat lunak, membangun verifikasi dan pengujian, mengkonversi data, melakukan training user dan mendokumentasikan sistem dan menginstall sistem.
e. Fase Support / Dukungan
Pada fase support / dukungan ini terdiri dari memelihara sistem, memperbaiki sistem dan mendukung pengguna dengan layanan Help Desk.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar